FEB | PRAKTEK KERJA LAPANGAN
01 Dec

PRAKTEK KERJA LAPANGAN

Penutupan Praktek Kerja Lapangan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Lamongan: Mahasiswa Siap Hadapi Dunia Bisnis

Lamongan, 27 September 2023 - Dalam sebuah acara yang hidmat dan penuh semangat, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Lamongan menggelar kegiatan penutupan program Praktek Kerja Lapangan Tahun Akademik 2022/2023, bertempat di Auditorium Budi Utomo. Kegiatan tersebut dihadiri oleh para mahasiswa peserta PKL, Dosen di lingkungan FEB UMLA, dan 3 perwakilan dari mitra PKL, yaitu Bank Jatim, BTM Mulia Babat dan KPU Kabupaten Lamongan.

Praktek Kerja Lapangan merupakan bagian integral dari kegiatan akademik pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMLA, bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata kepada para mahasiswa tentang aktifitas dan dinamika yang berlangsung pada dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Mitra PKL FEB UMLA  tersebar dari perusahaan yang ada di kawasan pantura Kabupaten Lamongan, Dinas, Instansi dan Lembaga di seluruh wilayah Kabupaten Lamongan dan sekitarnya., sehingga para mahasiswa peserta PKL dapat menggabungkan teori yang telah mereka pelajari di kelas dengan pengalaman praktis di tingkat lapang.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMLA, Suyitno, SE., MM. dalam sambutannya mengatakan, "Praktek Kerja Lapangan merupakan langkah penting dalam perjalanan akademik mahasiswa yang sangat strategis. Melalui kegiatan PKL Mahassiwa memiliki kesempatan untuk mengasah keterampilan praktis, membangun jaringan profesional, dan mempersiapkan diri untuk mengembangkan karier pada  dunia bisnis dan ekonomi yang kompetitif pada masa mendatang". 

Suyitno Menegaskan, “Selama masa pelaksanaan PKL, mahasiswa dihadapkan pada berbagai tantangan nyata dalam berbagai momentum, dengan kreativitas dan motivasi yang tinggi, mereka terbukti dapat menyelesaikan masalah tersebut dengan baik. Mereka juga telah memberikan kontribusi berharga kepada perusahaan tempat mereka bekerja, membantu menerapkan ide-ide segar, dan mendukung pertumbuhan pada lembaga tempat mahasiswa melaksanakan PKL, maka patut kami sampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas pencapaian tersebut”, pungkasnya.

Perwakilan dari Manajemen Bank Jatim Lamongan, Erni Dewi, S. mengungkapkan, “Kami sampaikan penghargaan yang tulus kepada para mahasiswa selama praktek mereka di Bank Jatim, Selama masa praktek, mahasiswa telah menunjukkan dedikasi dan kinerja yang sangat baik. Terbukti mereka mampu belajar dan tumbuh dalam lingkungan kerja yang dinamis. Mereka telah menghadapi tantangan dengan semangat yang tinggi dan telah berkontribusi positif dalam kelancaran operasional pada lembaga kami”. Perempuan yang juga merupakan pemimpin operasional Bank Jatim Lamongan, melanjutkan, “Kami percaya bahwa pengalaman yang didapat oleh para mahasiswa selama praktek di Bank Jatim dapat memberikan bekal yang memadahi guna menghadapi tantangan di masa depan. Kemampuan mereka dalam beradaptasi, berkolaborasi, dan memecahkan masalah adalah aset yang sangat berharga dalam dunia bisnis yang kompetitif”, tandasnya.

Perwakilan mitra selanjutnya yaitu BTM Mulia Babat, yang diwakili oleh Mamik Isworo Rini, S.Pd. menuturkan, “Kami merasa senang melihat semangat, komitmen, dan dedikasi yang ditunjukkan oleh mahasiswa selama masa praktek. Mereka telah berkontribusi yang positif dan mendukung terwujudnya kualitas pelayanan di lembaga kami. Besar harapan kami, agar pengalaman yang diperoleh selama masa PKL, memberikan peluang kepada mahasiswa untuk belajar lebih banyak tentang etika dalam bekerja dan pentingnya pelayanan kepada para nasabah”. 

Mamik melanjutkan, “Kami berharap mahasiswa yang telah menyelesaikan PKL memperoleh wawasan yang berharga tentang sektor keuangan dan pengelolaan lembaga keuangan syariah, serta memiliki keterampilan yang dapat membantu mereka sukses di masa depan. Kami juga berharap kerjasama sinergis antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMLA dengan BTM Mulia Babat dapat terus berlanjut untuk saling menguatkan di masa mendatang, Selamat kepada semua mahasiswa yang telah menyelesaikan program Praktek Kerja Lapangan ini. Semoga pengalaman anda menjadi modal berharga dalam perjalanan karier Anda”, Tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Mitra dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), Siswanto, S.Sos. menyatakan, “KPU Kabupaten Lamongan selalu mengedepankan prinsip-prinsip demokrasi dan keterlibatan aktif masyarakat dalam proses pemilihan umum. Dalam konteks ini, kolaborasi dengan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMLA sangat berarti bagi kami. Mahasiswa merupakan agen perubahan masa depan, dan melibatkan mereka dalam pemahaman proses pemilihan umum adalah langkah penting dalam membangun kesadaran demokratis”. 

Siswanto melanjutkan, “Selama masa praktek, mahasiswa telah mendapatkan wawasan praktis tentang bagaimana pemilihan umum diatur dan dilaksanakan. Mereka telah berkontribusi dengan baik dalam membantu KPU Kabupaten Lamongan pada berbagai aspek, terutama persiapan pelaksanaan Pemilu tahun 2024 mendatang, Kami menyampaikan apresiasi secara mendalam kepada  Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMLA atas kerjasama yang erat selama pelaksanaan kegiatan  Praktek Kerja Lapangan. Terutama Dosen pembimbing yang  telah memberikan arahan sangat berharga kepada mahasiswa, sehingga mereka dapat berkontribusi secara maksimal di lembaga kami, semoga kerjasama ini terus berlanjut”.

pengalaman berharga yang diperoleh selama pelaksanaan PKL hendaknya menjadi bekal utama dalam perjalanan karier para mahasiswa. Semangat, dedikasi, dan semangat belajar yang mereka bawa semoga menjadi cahaya yang membimbing mereka melalui perjalanan masa depan yang tak terduga. Merupakan keniscayaan bagi para mahasiswa agar terus belajar dan selalu berkontribusi dalam memajukan dunia bisnis, ekonomi, dan masyarakat secara lebih luas. Selamat kepada para  mahasiswa yang telah menuntaskan Praktek Kerja Lapangan, dan selamat berjuang dalam perjalanan yang menakjubkan pada masa mendatang.

Related Posts