FEB | GUEST LECTURER FEB UMLA
01 Dec

GUEST LECTURER FEB UMLA

Guest lecture Perpajakan FEB UMLA

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Lamongan Gelar Guest Lecture Perpajakan

Lamongan, 31 Oktober 2023 - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Lamongan (FEB UMLA) menggelar kegiatan Guest Lecture Perpajakan bertempat di Auditorium Budi Utomo. Kegiatan tersebut menghadirkan 2 Narasumber, Kepala KPP Pratama Lamongan, Fadoli, SE., MM. dan Dosen Akuntansi sekaligus Penanggungjawab Kerjasama FEB UMLA, Devi Febrianti, SE., MSA. Dengan Tema: Young Generation in an Effort to increase Public Tax Awareness". Moderator dipercayakan kepada Amrizal Imawan, SE., MSA. Sekaligus sebagai penanggungjawab kegiatan.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa FEB UMLA dari program studi Akuntansi dan Manajemen semester 3 dan 5. Dalam kesempatan tersebut, Kepala KPP Pratama Kabupaten Lamongan, menyampaikan materi tentang Pengertian dan substansi perpajakan, mulai dari dasar-dasar perpajakan, jenis-jenis pajak, hingga tata cara pembayaran pajak. Sedangkan Devi Febrianti menyampaikan materi Strategi Dalam Meningkatkan Kepatuhan Tax Awareness.

Dalam sambutan pengantarnya, Wakil Rektor 2, M. Bakri Dwipriyo Atmaji menyampaikan apresiasi terhadap FEB UMLA yang konsisten menyelenggarakan kegiatan-kegiatan peningkatan kemampuan mahasiswa secara ajeg dan sistematis melalui kegiatan Seminar, kuliah Umum, Guest Lecture dan kegiatan lainnya. Bakri mengungkapkan, "Saat ini, pengetahuan perpajakan bukan hanya menjadi keharusan bagi mereka yang bekerja di bagian perpajakan, tetapi juga bagi semua yang terlibat dalam dunia bisnis. Mahasiswa adalah generasi yang diharapkan untuk membawa perubahan positif dalam sistem perpajakan Indonesia, diharapkan pula menjadi relawan pajak".

Pada keaempatan yang sama, Dekan FEB UMLA, Suyitno, SE., MM. menyatakan, "Memahami literasi pajak merupakan upaya strategis bagi mahasiswa sebagai Generasi penerus bangsa, saat tiba mereka berkiprah menggeluti berbagai profesi, pemahaman tentang pajak akan menjadi bekal penting dalam pengambilan keputusan untuk menjamin kesuksesan di masa depan".

Suyitno melanjutkan, "Merupakan momentum strategis untuk mengeksplorasi kompetensi para narasumber yang kredibel, sehingga pengetahuan mahasiswa tentang pajak dapat meningkat secara signifikan, selanjutnya bisa menjadi relawan pajak bagi masyarakat disekitarnya dalam mendukung kelancaran pembangunan nasional", Pungkasnya.

Dalam paparannya, Fadoli menjelaskan, "bahwa perpajakan merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus dikuasai oleh mahasiswa ekonomi. Pasalnya, perpajakan merupakan salah satu aspek penting dalam dunia bisnis, Perpajakan merupakan salah satu sarana untuk penerimaan negara. Oleh karena itu, penting bagi mahasiswa ekonomi untuk memahami perpajakan", Tuturnya.

Fadoli melanjutkan, "Terdapat berbagai jenis pajak yang harus dibayarkan oleh wajib pajak. Jenis-jenis pajak tersebut antara lain pajak penghasilan, pajak pertambahan nilai, pajak penjualan atas barang mewah, dan pajak bumi dan bangunan. Masing-masing jenis pajak memiliki ketentuan dan tata cara pembayaran yang berbeda, sehingga perlu dipahami secara paripurna" pungkas Fadoli.

Sebagai pembicara ke dua, Devi Febrianti mengungkapkan, "Menjadi sangat penting untuk dipahami mahasiswa tentang peran strategis mereka untuk berpartisipasi dalam membangun kesadaran masyarakat tentang perpajakan, sekaligus sebagai peningkatan kompetensi personal tentang literasi pajak". Devi melanjutkan, rencana pendirian tax centre UMLA hendaknya mendapatkan dukungan dari semua pihak terutama Kementeria Keuangan melalui dinas perpajakan agar menjadi pusat pembelajaran perpajakan bagi mahasiswa dan warga kampus", tukasnya.

Kegiatan guest lecture ini disambut antusias oleh mahasiswa FEB UMLA. Mereka mengaku mendapatkan banyak ilmu baru tentang perpajakan.
"Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami. Banyak Ilmu dan pengetahuan baru yang kami dapatkan tentang perpajakan," Ungkap Anggun, salah seorang mahasiswa yang mengikuti kegiatan tersebut.

Kegiatan guest lecture ini merupakan salah satu upaya FEB UMLA untuk meningkatkan kualitas pendidikan mahasiswa. FEB UMLA berkomitmen untuk memberikan pendidikan yang berkualitas dan selalu relevan dengan kebutuhan industri.

Related Posts